Empat prinsip keandalan sistem :
1. - Ketersediaan
Sistem tersebut tersedia untuk dioperasikan ketika dibutuhkan.
2. - Keamanan
Sistem dilindungi dari akses fisik maupun logis yang tidak memiliki otorisasi
3. - Dapat dipelihara
Sistem dapat diubah apabila diperlukan tanpa mempengaruhi ketersediaan,keamanan dan integritas sistem.
4. - Integritas
Pemrosesan sistem bersifat lengkap, akurat, tepat waktu, dan otorisasi.
Inventory :
- Persediaan
- Harga pokok penjualan
- Pembelian
- Retur pembelian
- Penjualan
- Retur penjualan
- Potongan pembelian
- Potongan penjualan
- PPN masukan
- PPN keluaran
- Hutang
- Piutang
- Kas
Kriteria yang Digunakan Untuk Mengevaluasi Prinsip-Prinsip Keandalan
- Entitas mempunyai tujuan kinerja, kebijakan dan standar yang telah ditetapkan, didokumentasikan, dan dikomunikasikan, dan yang telah memenuhi tiap prinsip keandalan .
a. Tujuan kinerja : tujuan umum yang ingin dicapai entitas.
b. Kebijakan = peraturan-peraturan yang
2. Entitas menggunakan prosedure, sumber daya manusia, software,data,
Pengendalian yang Berhubungan dengan Beberapa Prinsip Keandalan
1. Perencanaan strategis dan penganggaran.
a. Ancaman dan resiko
- sistem informasi tidak mendukung strategi bisnis.
- Kurangya penggunaan sumber daya
- Kebutuhan informasi tidak dipenuhi
b. Pengendalian
- Rencana strategis yang berlapis secara priodik dievaluasi
- Adanya tim LITBANG untuk menilai dampak teknologi baru atas jalannya bisnis.
- Anggaran untuk mendukung adanya rencana strategis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar