Total Tayangan Halaman

Kamis, 28 April 2011

manajemen penganggaran


Tugas manajemen penganggaran.
1.     Jelaskan apa yang dimaksud penganggaran.
2.    Apa kegunaan penganggaran bagi perusahaan.
3.    Jelaskan hubungan penganggaran dengan manajemen.
4.    Sebutkan isi dan prosedur penyusunan anggaran.
5.    Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi penyusunan anggaran.

Jawab :
1.  Penganggaran adalah penciptaan suatu rencana kegiatan  yang dinyatakan dalam ukuran keuangan. Penganggaran memainkan peran penting di dalam perencanaan, pengendalian, dan pembuatan keputusan. Anggaran juga untuk meningkatkan koordinasi dan komunikasi.

2.  Kegunaan penganggaran bagi perusahaan adalah Anggaran menunjukkan kepada manajemen mengenai  :
a.    Angka laba yang dikehendaki oleh perusahaan.
b.    Sumber daya yang diharapkan dapat dihasilkan atau digunakan selama periode anggaran yang akan datang.
c.    Anggaran juga menginformasikan kepada manajemen konsekuensi serangkaian alternative tindakan, memberi kan landasan untuk memutuskan alternative yang terbaik

3.  Hubungan penganggaran dengan manajemen :
penganggaran adalah alat manajemen untuk membantu menjalankan fungsi-fungsinya. Karena penganggaran hanyalah sebagai suatu alat bagi manajemen, maka meskipun suatu penganggaran telah disusun dengan begitu baik dan begitu sempurna, namun kehadiran manajemen (manajer) masih mutlak diperlukan. Anggaran yang baik dan sempurna tidak akan menjamin bahwa pelaksanaan serta realisasinya nanti juga akan baik serta sempurna, tanpa dikelola oleh tangan-tangan manajemen (manajer) yang trampil dan berbakat.

4.  Isi dan prosedur penganggaran adalah :
*      Isi penganggaran adalah :
a.    Forecasting budget (anggaran taksiran) yaitu anggaran yang berisi taksiran (forecast) tentang kegiatan perusahaan dalam jangka waktu (periode) tertentu yang akan datang, serta taksiran (forecast) tentang keadaan atau posisi finansial perusahaan pada suatu saat tertentu yang akan datang
b.    Variabel budget yaitu anggaran yang berisi tentang tingkat perubahan biaya atau tingkat variabilitas biaya, khususnya biaya-biaya yang termasuk kelompok biaya “semi variabel”, sehubungan dengan adanya perubahan produktivitas perusahaan
c.     Analisis statistika dan matematika pembantu, yaitu analisis statistika dan matematika yang dipergunakan untuk membuat taksiran (forecast) serta yang dipergunakan untuk mengadakan penilaian (evaluasi) dalam rangka mengadakan pengawasan kerja.
d.    Budget Report yaitu laporan tentang realisasi pelaksanaan anggaran, yang dilengkapi dengan berbagai analisis perbandingan antara anggaran dengan realisasinya sehingga dapat diketahui penyimpangan yang terjadi, baik penyimpangan positif (menguntungkan) maupun negatif (merugikan). Selain itu dapat diketahui sebab-sebab terjadinya penyimpangan, sehingga dapat ditarik kesimpulan dan beberapa tindak lanjut (follow up) yang segera perlu
dilakukan.

*      Prosedur penganggaran adalah :

Prosedur penganggaran terdiri dari tahap proses penyusunan anggaran untuk menentukan target dan sasaran anggaran, revisi anggaran, pengendalian (evaluasi) anggaran dan umpan balik.

5.  Faktor-faktor yang mempengaruhi penyusunan anggaran adalah :
a.    Faktor-faktor intern, yaitu data, informasi dan pengalaman yang terdapat di dalam perusahaan sendiri, antara lain berupa penjualan tahun-tahun lalu, kebijaksanaan perusahaan yang berhubungan dengan masalah harga jual dan sebagainya, kapasitas produksi yang dimiliki perusahaan, tenaga kerja, modal kerja, fasilitas lain.
b.    Faktor-faktor ekstern, yaitu data, informasi dan pengalaman yang terdapat di luar perusahaan, tetapi dirasakan mempunyai pengaruh terhadap kehidupan perusahaan, antara lain berupa keadaan persaingan, tingkat pertumbuhan penduduk, tingkat penghasilan masyarakat, tingkat pendidikan masyarakat, dan sebagainya.


Tidak ada komentar: