Laman

Total Tayangan Laman

Senin, 02 Mei 2011

manajemen penganggaran


1. Penganggaran adalah penciptaan suatu rencana kegiatan yang dinyatakan dalam ukuran keuangan. Penganggaran memainkan peran penting di dalam perencanaan, pengendalian, dan pembuatan keputusan. Anggaran juga untuk meningkatkan koordinasi dan komunikasi.

2. Kegunaan penganggaran bagi perusahaan adalah Anggaran menunjukkan kepada manajemen mengenai :
a. Angka laba yang dikehendaki oleh perusahaan.
b. Sumber daya yang diharapkan dapat dihasilkan atau digunakan selama periode anggaran yang akan datang.
c. Anggaran juga menginformasikan kepada manajemen konsekuensi serangkaian alternative tindakan, memberikan landasan untuk memutuskan alternative yang terbaik

3. Hubungan penganggaran dengan manajemen :
penganggaran adalah alat manajemen untuk membantu menjalankan fungsi-fungsinya. Karena penganggaran hanyalah sebagai suatu alat bagi manajemen, maka meskipun suatu penganggaran telah disusun dengan begitu baik dan begitu sempurna, namun kehadiran manajemen (manajer) masih mutlak diperlukan. Anggaran yang baik dan sempurna tidak akan menjamin bahwa pelaksanaan serta realisasinya nanti juga akan baik serta sempurna, tanpa dikelola oleh tangan-tangan manajemen (manajer) yang trampil dan berbakat.

4. Isi dan prosedur penganggaran adalah :
* Isi penganggaran adalah :
a. Forecasting budget (anggaran taksiran) yaitu anggaran yang berisi taksiran (forecast) tentang kegiatan perusahaan dalam jangka waktu (periode) tertentu yang akan datang, serta taksiran (forecast) tentang keadaan atau posisi finansial perusahaan pada suatu saat tertentu yang akan datang

b. Variabel budget yaitu anggaran yang berisi tentang tingkat perubahan biaya atau tingkat variabilitas biaya, khususnya biaya-biaya yang termasuk kelompok biaya “semi variabel”, sehubungan dengan adanya perubahan produktivitas perusahaan

c.  Analisis statistika dan matematika pembantu, yaitu analisis statistika dan matematika yang dipergunakan untuk membuat taksiran (forecast) serta yang dipergunakan untuk mengadakan penilaian (evaluasi) dalam rangka mengadakan pengawasan kerja.
d. Budget Report yaitu laporan tentang realisasi pelaksanaan anggaran, yang dilengkapi dengan berbagai analisis perbandingan antara anggaran dengan realisasinya sehingga dapat diketahui penyimpangan yang terjadi, baik penyimpangan positif (menguntungkan) maupun negatif (merugikan). Selain itu dapat diketahui sebab-sebab terjadinya penyimpangan, sehingga dapat ditarik kesimpulan dan beberapa tindak lanjut (follow up) yang segera perlu
dilakukan.

* Prosedur penganggaran adalah :

Prosedur penganggaran terdiri dari tahap proses penyusunan anggaran untuk menentukan target dan sasaran anggaran, revisi anggaran, pengendalian (evaluasi) anggaran dan umpan balik.

5. Faktor-faktor yang mempengaruhi penyusunan anggaran adalah :
a. Faktor-faktor intern, yaitu data, informasi dan pengalaman yang terdapat di dalam perusahaan sendiri, antara lain berupa penjualan tahun-tahun lalu, kebijaksanaan perusahaan yang berhubungan dengan masalah harga jual dan sebagainya, kapasitas produksi yang dimiliki perusahaan, tenaga kerja, modal kerja, fasilitas lain.
b. Faktor-faktor ekstern, yaitu data, informasi dan pengalaman yang terdapat di luar perusahaan, tetapi dirasakan mempunyai pengaruh terhadap kehidupan perusahaan, antara lain berupa keadaan persaingan, tingkat pertumbuhan penduduk, tingkat penghasilan masyarakat, tingkat pendidikan masyarakat, dan sebagainya.


1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan penganggaran ?

Penganggaran adalah penciptaan suatu rencana kegiatan  yang dinyatakan dalam ukuran keuangan. Penganggaran memainkan peran penting di dalam perencanaan, pengendalian, dan pembuatan keputusan. Anggaran juga untuk meningkatkan koordinasi dan komunikasi.

2. Apa kegunaan penganggaran bagi perusahaan ?

   Anggaran menunjukkan kepada manajemen Perusahaan :
* Angka laba yang dikehendaki oleh perusahaan.
* Sumber daya yang diharapkan dapat dihasilkan atau digunakan selama periode anggaran yang akan datang.
* Memberikan landasan untuk pengambilan keputusan alternatif yang terbaik.

3. Jelaskan hubungan pengangaran dengan manajemen ?

Hubungan antara penganggaran dan manajemen adlah sebagai tolak ukur keberhasilan, yaitu sebagai pertimbangan awal dalam melakukan sesuatu / perencanaan keuangan perusahaan, oleh karena itu pengganggaran sangat penting perannya dalam sebuah perusahaan/ manajemen dan sebagai alat untuk mencapai tujuan perusahaan

4. Sebutkan isi dan prosedur penyusunan anggaran ?
a. Anggaran mengestimasi potensi laba satuan bisnis
b. Anggaran dinyatakan dalam istilah moneter, walaupun jumlah moneter dapat saja ditunjang oleh jumlah non moneter (missalnya, unit yang dijual atau diproduksi).
c. Mencakup periode satu tahun.
d. Anggaran merupakan komitmen manajemen; manajer sepakat untuk mengemban tanggung jawab atas pencapaian tujuan yang dianggarkan.
e. Usulan anggaran ditelaah dan disetujui oleh otoritas yang lebih tinggi ketimbang oleh pihak yang menganggarkan (budgetee).
f. Begitu disetujui, anggaran hanya dapat diubah dalam kondisi yang ditetapkan.
g. Secara berkala, kinerja finansial sesungguhnya dibandingkan dengan anggaran, dan selisihnya dianalisis dan dijelaskan.

5. Sebutkan faktor2 yang mempengaruhi penyusunan anggaran?

o Dalam banyak kejadian, anggaran cenderung terlalu menyederhanakan fakta situasi nyata di lapangan
o Terlampau menekankan hasil ( Yi : laba bersih sesung- guhnya dibandingkan dg jumlah laba yang dianggar kan), namun bukan pada sebab musababnya.
o Tema partisipatif pada anggaran menuntut dukungan penuh dan keterlibatan manjemen.
o Dapat menggerogoti inisiatif manajemen dengan meng halangi perkembangan dan tindakan baru yang tidak tercakup dalam anggaran.
o Proses penganggaran bukanlah ilmu murni dan pertimbangan yang baik memainkan peran esensial.

Pengertian anggaran menurut GLENN A WELSCH anggaran adalah fungsi perencanaan,mengarahkan, mengorganisasi, dan mengawasi setiap satuan dan bidang-bidang organisasi didalam badan usaha.


Menurut GOMES, anggaran merupakan dokumen yang berusaha untuk mendamaikan prioritas-prioritas program dengan sumber-sumber pendapatan yang diproyeksikan.


Menurut Mulyadi, anggaran merupakan suatu rencana kerja yang dinyatakan secara kuantitatif yang diukur dalam suatu moneter standar dan satuan ukuran yang mencakup jangka waktu satu tahun.


Menurut Supriyono penganggaran merupakan perencanaan keuangan perusahaan yang dipakai sebagai dasar pengendalian ( pengawasan) keuangan perusahaan untuk priode yang akan datang.


Fungsi Anggaran merupakan alat untuk membantu manajemen dalam pelaksanaan fungsi perencanaan, koordinasi, pengawasan dan juga sebagai pedoman kerja dalam menjalankan perusahaan untuk tujuan yang telah ditetapkan.


Fungsi perencanaan merupakan salah satu fungsi manajemen dan funsi ini merupakan dasar pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen lainnya.

Perencanaan meliputi tindakan memilih dan menghubungkan fakta-fakta dan membuat serta menggunakan asumsi-asumsi mengenai masa yang akan datang dalam hal memvisualisasi serta merumuskan aktifitas-aktifitas yang diusulkan yang dianggap perlu untuk mencapai hasi yang diinginkan.


Fungsi pengawasan merupakan usaha-usaha yang ditempuh agar rencana yang telah disusun sebelumnya dapat tercapai. Tujuannya untuk mencegah dan memperbaiki kesalahan, untuk mencapai tujuan-tujuan dan rencana perusahaan.

Pengawasan adalah mengevaluasi prestasi kerja dan tindakan perbaikan apabila perlu.
Aspek pengawasan yaitu dengan membandingkan antara prestasi dengan yang dianggarkan, apakah dapat ditemukan efesiensi atau apakah para manajer pelaksana telah bekerja dengan baik dalam mengelola perusahaan.


Fungsi koordinasi meunutut adanya keselarasan tindakan bekerja dari setiap individu atau bagian dalam perusahaan untuk mencapai tujuan.
Untuk menciptakan adanya koordinasi diperlukan perencanaan yang baik, yang dapat menunjukkan adanya keselarasan rencana antara satu bagian dengan bagian lainnya.

Anggaran sebagai pedoman kerja merupakan suatu rencana kerja yang disusun sitematis dan dinyatakan dalam unit moneter.
Penyusunan anggaran berdasarkan pengalaman masa laludan taksiran-taksiran pada masa yang akan datang,maka ini pedoman kerja begi setiap bagian dalam perusahaan untuk menjalankan kegiatannya.


Tujuan yang paling utama dari anggaran adalah untuk pengawasan luar, yaitu untuk membatasi sumber-sumber daya keseluruhan yang tersedia untuk suatu instansi dan untuk mencegah pengeluaran bagi hal-hal atau aktivitas yang tidak dibenarkan untuk undang-undang.


Manfaat Anggaran menurut MARCONI dan SIEGEL manfaat anggaran adalah :
1. Anggaran merupakan hasil dari proses perencanaan, berarti anggaran mewakili kesepakatan negoisasi antara partisipan yang dominan dalam suatu organisasi mengenai tujuan kegiatan dimasa yang akan datang.
2. Anggaran merupakan gambaran tentang prioritas alokasi sumber daya yang dimiliki karena dapat bertindak sebagai blue print aktivitas perusahaan.
3. Anggaran merupakan alat komunikasi interna yang menghubungkan departemen (divisi) yang satu dengan departemen lainnya dalam organisasi mauoun manajemen puncak.
4. Anggaran menyediakan informasi tentang hasil kegiatan yang sesungguhnya dibandingkan dengan standar yang telah ditetapkan.
5. Anggaran sebagai alat pengendalian yang mengarah manajemen untuk menentukan bagian organisasi yang kuat dan lemah,hal ini akan dapat mengarahkan manajemen untuk menentukan tindakan koreksi yang harus diambil.
6. Anggaran mempengaruhi dan memotivasi manajer dan karyawan untuk bekerja dengan konsisten,efektif dan efisien dalam kondisi kesesuaian tujuan antara tujuan perusahaan dengan tujuan karyawan.  


Tipe Anggaran :
1. CELLING BUDGET, tipe anggaran yang dipakai untuk tujuan-tujuan pengawasan. Pengawasan dinamakan CELLING BUDGET.kaena anggaran jenis ini mengawasi langsung suatu instansi secara langsung dengan cara menentukan batas-batas pengeluaran melalui peraturan penggunaan/pemberian.
2. A LINE-ITEM BUDGET, menggolongkan pengelluaran-pengeluaran berdasarkan jenis, digunakan untuk mengawasi jenis pengeluaran dan juga jumlah totalnya.
3. PERFORMANCE AND PROGRAM BUDGET, menspesifikasi aktivitas-aktivitas atai program berdasarkan mana dana digunakan, dan dengan cara demikian membantu dalam evaluasi.  


Manajemen penganggaran

1 komentar:

  1. thanks infonya yah kak, akan tetapi tulisan kakak sepertinya lebih cenderung berbicara pada sektor privat. akan tetapi hanya ada beberapa perbedaan saja dalam sektor publik. but overall, saya sudah dapat menarik kesimpulan hubungan antara perencanaan dan penganggaran. makasi yah kak. silahkan berkunjung ke blog ku :)

    BalasHapus