Total Tayangan Halaman

Rabu, 27 April 2011

Total Quality manajemen

Total Quality manajemen adalah strategi manajemen yang ditujukan untuk menanamkan kesadaran kualitas pada semua proses dalam organisasi.
Sesuai dengan defenisi ISO, TQM adalah suatu pendekatan manajemen untuk suatu organisasi yang terpusat pada kualitas, berdasarkan partisipasi semua anggotanya dan bertujuan untuk kesuksesan jangka panjang melalui kepuasan pelanggan serta memberi  keuntungan semua anggota dalam organisasi serta masyarakat.
 Defenisi pendeknya , TQM adalah cutomer focus dengam melakukan :
ü  Aktifitas pendekatan sistem
ü  Aktifitas pendekatan ilmiah
ü  Sehingga untuk menjadi perusahaan yang terunggul, sebuah perusahaan memberikan kepuasan konsumen melalui produk yang dihasilkan dan jasa kemudian hasilnya untuk meningkatkan unjuk kerja perusahaan,

Filosofi dasar dari TQM adalah sebagai efek dari kepuasan konsumen ,sebuah organisasi dapat mengalami kesuksesan.
Kendaraan yang digunakan dalam TQM :
a.    Manajemen harian
b.    Manajemen kebijakan.
c.    Manajemen cross-functional( menggabungkan agar manajemen berjalan dengan baik)

Gugus kendali mutu :
TQM telah digunakan secara luas dalam manufaktur,pendidikan,pemerintahan, dan industri jasa,bahkan program-program luar angkasa dan ilmu pengetahuan NASA.

TQM penting karena adanya perubahan paradigma konsep manajemen.


Perubahan paradigma konsep manajemen
Dari
Menjadi
Jika tidak rusak jangan diperbaiki
Pengembangan berkesinambungan
Mutu tidak penting
Pengawasan terhadap mutu
Pembangunan
Inovasi
Struktur organisasi yang kaku
Struktur organisasi fleksibel
Biroksasi organisasi berlapis-lapis
Lapisan organisasi hanya sedikit
Persaingan
Kerja sama
Kinerja individu
Kinerja tim
Semua orang terspesialisasi dan dikendalikan
Semua orang menambah nilai, felksibel dan terberdayakan
Pendidikan untuk manajemen
Pendidikan dan pelatihan untuk semua orang



Mengapa manajemen harus berubah ?
1.     Ketidakpuasan pelanggan terhadap kualitas pelayanan produk
2.    Perubahan eksternal :
ü  Globalisasi dan teknologi informasi
ü  Menajamnya persaingan pasar
ü  Pengaruh sosial dan politik
3.    Dorongan internal :
ü  Transfer kepemimpinan
ü  Produktivitas,  konflik dan partisipasi SDM
ü  Sistem penghargaan (reward dan punishment)

Mengapa kualitas penting ?
1.     Merupakan tolak ukur keberhasilan/kesuksesan sebuah produk (barang/jasa/pelayanan) dilihat dari sisi konsumen.
2.    Menunjukkan karakteristik produk yang diinginkan oleh konsumen.
3.    Pada akhirnya menjamin keberlangsungan hidup unit penyedia produk.(untung/rugi)

TQM sebagai paradigma manajemen baru :
1.     Merupakan konsep manajemen modern yang respontif terhadap perubahan eksternal dan internal.(organisasi/kelembagaan)
2.    Fokus terhadap peningkatan kulitas produk dan kepuasan pelanggan secara terus menerus (continuity)
3.    Komitmen organisai dalam jangka panjang
4.    Menekankan pada kerja sama tim(team work)
5.    Melibatkan semua level SDM manajemen dan karyawan
6.    Dapat diterapkan di sektor private maupun publik

Tidak ada komentar: