Sesuai dengan defenisi ISO, TQM adalah suatu pendekatan manajemen untuk suatu organisasi yang terpusat pada kualitas, berdasarkan partisipasi semua anggotanya dan bertujuan untuk kesuksesan jangka panjang melalui kepuasan pelanggan serta memberi keuntungan semua anggota dalam organisasi serta masyarakat.
Defenisi pendeknya , TQM adalah cutomer focus dengam melakukan :
ü Aktifitas pendekatan sistem
ü Aktifitas pendekatan ilmiah
ü Sehingga untuk menjadi perusahaan yang terunggul, sebuah perusahaan memberikan kepuasan konsumen melalui produk yang dihasilkan dan jasa kemudian hasilnya untuk meningkatkan unjuk kerja perusahaan,
Filosofi dasar dari TQM adalah sebagai efek dari kepuasan konsumen ,sebuah organisasi dapat mengalami kesuksesan.
Kendaraan yang digunakan dalam TQM :
a. Manajemen harian
b. Manajemen kebijakan.
c. Manajemen cross-functional( menggabungkan agar manajemen berjalan dengan baik)
Gugus kendali mutu :
TQM telah digunakan secara luas dalam manufaktur,pendidikan,pemerintahan, dan industri jasa,bahkan program-program luar angkasa dan ilmu pengetahuan NASA.
TQM penting karena adanya perubahan paradigma konsep manajemen.
Perubahan paradigma konsep manajemen
Dari | Menjadi |
Jika tidak rusak jangan diperbaiki | Pengembangan berkesinambungan |
Mutu tidak penting | Pengawasan terhadap mutu |
Pembangunan | Inovasi |
Struktur organisasi yang kaku | Struktur organisasi fleksibel |
Biroksasi organisasi berlapis-lapis | Lapisan organisasi hanya sedikit |
Persaingan | Kerja sama |
Kinerja individu | Kinerja tim |
Semua orang terspesialisasi dan dikendalikan | Semua orang menambah nilai, felksibel dan terberdayakan |
Pendidikan untuk manajemen | Pendidikan dan pelatihan untuk semua orang |
Mengapa manajemen harus berubah ?
1. Ketidakpuasan pelanggan terhadap kualitas pelayanan produk
2. Perubahan eksternal :
ü Globalisasi dan teknologi informasi
ü Menajamnya persaingan pasar
ü Pengaruh sosial dan politik
3. Dorongan internal :
ü Transfer kepemimpinan
ü Produktivitas, konflik dan partisipasi SDM
ü Sistem penghargaan (reward dan punishment)
Mengapa kualitas penting ?
1. Merupakan tolak ukur keberhasilan/kesuksesan sebuah produk (barang/jasa/pelayanan) dilihat dari sisi konsumen.
2. Menunjukkan karakteristik produk yang diinginkan oleh konsumen.
3. Pada akhirnya menjamin keberlangsungan hidup unit penyedia produk.(untung/rugi)
TQM sebagai paradigma manajemen baru :
1. Merupakan konsep manajemen modern yang respontif terhadap perubahan eksternal dan internal.(organisasi/kelembagaan)
2. Fokus terhadap peningkatan kulitas produk dan kepuasan pelanggan secara terus menerus (continuity)
3. Komitmen organisai dalam jangka panjang
4. Menekankan pada kerja sama tim(team work)
5. Melibatkan semua level SDM manajemen dan karyawan
6. Dapat diterapkan di sektor private maupun publik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar